Leadership <> Fellowship

Ilmu kepemimpinan, bisa di pelajari namun sulit di laksanakan, tidak semudah belajar komputer, lihat di Youtube, bisa langsung di praktekan. Kepemimpinan harus memiliki unsur Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan pengalaman , lalu mengolah unsur tersebut menjadi sebuah keputusan, yang akan dilaksanakan oleh Fellowship/Pengikut. Pengikut adalah tugasnya mengikuti dengan memiliki kemampuan teknis/ilmu pengetahuan untuk menjalankan lebih terperinci, untuk mencapai tujuan bersama.

Pemimpin hanya 1 orang dalam sebuah organisasi, sedangkan Pengikut banyak orang. Pemimpin tidak akan susah kalau memiliki Pengikut yang handal. Pengikut akan susah banget, kalau memiliki Pemimpin yang tidak handal, keadaan serba binggung menjalankan tugas dan tanggung jawab. Bila Pemimpin tidak memiliki Pengikut yang handal, jelas kesalahan Pemimpin, kenapa memilih Pengikut yang salah ? Karena Pemimpin memiliki wewenang memilih dan memberhentikan Pengikut.

Dalam perjalanan Pemimpin menciptakan Team Work, Semangat Kerja Team yang terus menerus, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan kreatif agar dapat perusahaan perkembang maju selangkah dalam persaingan. Pemimpin harus memastikan sistem kerja yang di jalankan sudah optimal, maksudnya tidak ada Pengikut yang menganggur, di satu sisi Pengikut kerja keras, Pemimpin harus menciptakan keseimbangan pekerjaan dengan imbalan yang di dapat oleh Pengikut.

Peraturan di perlukan untuk memberikan keselarasan dalam bekerja di buat ke dalam sistem kerja atau biasa di sebut S O P (Standard Operasioal Pekerja) untuk mengatur pengikut berjalan sesuai dengan yang di harapkan.

Pemimpin sangat perlu memonitor setiap hari kinerja Pengikut secara details, untuk memastikan semua berjalan, walaupun sudah ada S O P. Pemimpin secara berkala membuat test case khusus (ujian masalah) atau pelatihan-pelatihan mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh Pengikut, untuk memastikan Pengikut tetap dalam kondisi yang baik dan adanya peningkatan,

Dan akhirnya Pemimpin menciptkan Pemimpin Baru. Sederhana penulisan saya, memang keadaannya begitu, sangat sederhana, namun kenapa menjadi sulit, dikarenakan tidak mengikuti aturan antara Pemimpin dan Pengikut.

Semua aturan ada pakemnya. Di dunia barat sudah di bahas dari dahulu, maka lahirlah Pemimpin Pemimpin dunia yang berkiblat atas Demokrasi dan Sosialis. Kita bisa lihat Amerika atau Dunia Barat, termasuk Indonesia adalah Demokrasi dan China Sosialis biasa dikatakan tangan besi. Dan akhirnya kita lihat siapa yang maju saat ini.

Pemimpin dan Pengikut perlu di tata, agar cocok dengan ramuan apa yang di gunakan untuk menjalankan kinerja bersama supaya berhasil. Pemimpin perlu keras dalam memberikan aturan kepada Pengikut, karena pengikut tidak bisa di atur. Pemimpin tidak perlu mengunakan kekerasaan karena Pengikut sangat mudah mengerti untuk menjalankannya. Pemimpin tidak sesuai dengan kinerja………………………………ayo di apakan

Sharing it !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *