Complain alias Keluhan

Complain dalam Bahasa Indonesia adalah  keluhan, sesuatu yang tidak diharapkan terjadi !

Pekerjaan yang saya lakukan adalah tidak jauh dari sebuah keluhan yang saya dengar hampir setiap waktu, keluhan itu dibutuhkan suatu penyelesaian atau yang sekarang di sebut dalam Metode Management “Solution”. 

Keluhan yang harus di hindarkan jauh-jauh, tapi juga dibutuhkan untuk menciptakan inovasi baru dalam memberikan pelayanan. Benar ! mendengar keluhan tidaklah mudah di terima dalam hati setiap orang, mungkin bisa membuat stress yang mendengarkannya, juga yang mengalaminya.

Jadi ! mengeluh menyebabkan keadaan yang tidak nyaman kepada semuanya.

Banyak cara mengatasi keluhan, maka ada metode “Handing Complain” sebuah metode seminar yang ditawarkan ke perusahaan, untuk dapat mengatasi bila ada nya sebuah keluhan yang terjadi. Cuma ! seberapa besar yang di dapat dari sebuah metode seminar yang digunakan, untuk menyelesaikan keluhan pelanggan ?

Siapa yang bertanggung jawab yang menanggani keluhan pelanggan ?

Saya yakin orang yang menanggani, haruslah orang yang memiliki pengalaman yang luar biasa dalam menangganinya. Keluhan yang kecil akan menjadi sebuah bencana yang besar, bila di tanggani oleh orang yang tidak sangat pengalaman, biasa Pemimpin pun, takut menghadapinya. Malah menyuruh orang-orang yang tidak berkompeten dalam menangganinya.

Prinsip dasar untuk menanggani keluhan pelanggan, persiapan !

  1. Menguasai Karakter Manusia.
  2. Mengetahui dengan benar produk atau jasa yang digunakan.
  3. Mengetahui masalah yang terjadi secara terperinci dengan jelas dan benar
  4. Membuat altenatif solution, sebanyak-banyaknya yang akan di utarakan nanti, sesuai alur pembicaraan yang akan terjadi
  5. Memilih tempat/lokasi yang tepat dalam membahas masalah.
  6. Membawa hadiah berupa souvenir dll.

Persiapan sudah matang, lalu mulai lah sebuah pertemuan………….(berlanjut…..)

 

 

 

 

Sharing it !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *