Bersepeda ke Gunung Parang, lanjut ke Waduk Cirata dan Kota Bandung

Ayo, kita Bike Camp, ceritanya naik sepeda, sambil camping. Seru ! judulnya. Tujuan sekarang adalah  Gunung Parang, yang terletak di daerah Purwakarta,  jaraknya hanya 129 Km, dengan melintasi ke tinggian 949 M.

Kali ini, saya bersama 2 orang teman saya, Thio dan Ferry, ingin melakukan perjalanan melintasi keindahan alam Jawa Barat.

Jalan yang di lalui cukup datar dari Jakarta sampai Bendungan Curug sekitar 90 Km, kepadatan terbebas, setelah cikarang. Eh….kita stop dulu untuk makan di Pagi di Warung Sop Ayam Pak Min Klaten, yang terletak di daerah Cibuntu, Cibitung, Bekasi. Sepanjang perjalanan dari Kalimalang, kita akan mengikuti aliran Terusan Kalimalang, sampai ke Hulu Terusan Kalimalang yaitu, Curug Purwakarta,  yang

terletak di Bendungan Curug, dan menyatu dengan Sungai Citarum.  Dalam perjalanan istirahat sebentar di Warung Dimas, di Jalan Perurri, Warung Dimas cukup layak untuk tempat istirahat sebentar, mengisi kembali tenaga gowes lagi.

 

Setelah Bendungan Curug, kita akan keluar melalui Lintasan Jalan Umum menuju Kota Purwakarta dan mulai menanjak, sampai Kota Purwakarta. Akhirnya stop, untuk makan siang di Ciganea, salah satu Rumah Makan Khas Sunda yang terkenal.

Setalah makan siang, lanjutkan perjalanan yang mulai menanjak sampai Pasar Anyar Sukatani,  dari Pasar Anyar Sukatani, nah ! pemandangan indah terus sampai Gunung Parang Bageda, jarak hanya 12 KM, tapi tanjakannya luar biasa, kata orang-orang di sana, saya adalah orang yang pertama kali naik sepeda dari Jakarta sampai sini. Wow !

Tiba di Gunung Parang, cukup seru ! lintasnya untuk bersepeda, naik turun, turun naik, disambut suasana yang nyaman dan pemandangan yang indah, dari Gunung Parang yang memiliki ketinggian sekitar 900 M, siap untuk di panjat besok.

Ternyata di daerah sekitar Gunung Parang ada 04 tempat yang mengoperasikan kegiataan panjat tebing, tidak semua menyediakan tempat untuk menginap, kebetulan sekali saya mendapat tempat yang nyaman namanya Desa Cihuni Badega yang langsung di kelolah oleh pemiliknya, mantan kepala desa yang cukup terkenal.

Tempat menginap cukup nyaman dan MCK boleh dikatakan cukup ok lah, walaupun tidak senyaman hotel pastinya, tempat tidur langsung gelar bersama, dengan alas tempat tidur seperti Tatami di Jepang.

Kampung Cihuni, seperti taman miniatur kehidupan, di Kampung ini tertata rapi, ada restaurant, ada warung , ada kolam dan juga peningapan alias semuanya keadaan kembali ke alam.  Jadi sudah harus siap menerimanya, bila kita berada di Kampung ini, sangat asri sekali.

Sore hari menjelang malam pemandang indah Gunung Parang dan bila naik ke bukit akan melihat suasana Desa Sukamulya. Makan malam bersama pemilik Pak Jajang bercerita mengenai keadaan tempat ini mulai dari jaman dulu sampai sekarang. Udara dingin pun membuat keadaan nyaman, dan tidak ada nyamuk yang berkeliaran di sini, membuat suasana tambah mantap dah.

Akhirnya sudah malam harus bobo, saya tidur satu ruangan dengan Pak Jajang, udara makin malam, makin dingin, jangan kwatir selimut sudah tersedia. Good Night !

Pagi hari udara cerah, tempat saya tidur langsung berhadapan dengan  pemandang  Gunung Parang yang indah. Hari ini saya akan manjat tebing dan bermain Drone untuk mengabadikan suasana tempat ini.  Dengan mengunakan peralatan lengkap, siap berjalan terlebih dahulu, sebelum sampai di tebing, untuk merayap. Sungguh indah sekali pemandang yang sulit dikatakan, lihat photo saja lah.

Setelah selesai semua kegiatan di Gunung Parang, waktu saya melanjutkan perjalanan menuju Kota Bandung, rute yang saya akan lewatkan adalah Waduk Cirata, namun keluar dari Kampung Cihuni, jalanan yang di lalui juga tanjakan mantap deh, singgah sebentar berphoto di Gunung Bokong, dan melintasi jalan rusak berat, diakibatkan oleh truk-truk pengangkut batu.

Waduk Cirata, WOW !  indah sekali pemandangannya, jalan yang dilalui lebih WOW hehehe. Setelah selesai lanjut menuju ke arah jalan lintas daerah, untuk arah ke Bandung, di Cikalong Wetan saya lalui, ada sebuah proyek raksasa di sana, untuk Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung.

Malam hari tiba di Kota Bandung, siap untuk berisitrahat. dah

 

Video Perjalanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sharing it !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *