Diferensiasi (di-fe-ren-si-a-si)

Idea + Innovation = Differentiation

Tahun 2016, sudah di depan kita semua, mari kita sambut dengan riuh gembira dengan suara trompet yang menyaring besar sampai ke hati setiap pelanggan kita semua. Untuk masuk bersama-sama di tahun 2016 yang indah ini. Selamat Tahun Baru.

Selamat datang juga Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), ini sebuah bentuk baru hubungan antar sesama Negara Asean, keterbukaan arus barang dan jasa, tapi juga tenaga kerja you are welcome! Untuk dapat bekerja. Kejadian ini membawa arus persaingan tenaga kerja, terutama tenaga kerja yang berkeahlian khusus, seperti Dokter, Akuntan, Travel Consultant, Tour Leader, dan lain-lain.

Perusahaan akan terjadi perbedaan rasa dan aroma dalam hal pengelolahannya nanti. Persaingan usaha ikut tergonyang dengan arus yang datang. Persiapan yang dilakukan sudah di antisipasikah ? untuk menghadapi persaingan ini. Kata kunci untuk dapat bertahan dan berkelanjutan adalah sebuah Diferensiasi atau Perbedaan.

Perbedaan merupakan inti dalam memasuki dunia persaingan yang begitu tajam. MEA sebentar lagi, sedangkan yang berlangsung sekarang ini sudah terjadi persaingan diantara Online Travel (Perusahaan Teknologi) and Travel Agent (Perusahaan Biro Perjalanan), boleh juga dikatakan terjadi persiangan antara Manusia (Travel Consultant) dengan Internet (Komputer). Kemudahan yang diberikan Internet, dapat bekerja 24 jam nonstop untuk menerima pemesanan, dengan keterangan lengkap produk yang ingin digunakan hanya tinggal click dan sentuh (di mobile phone). Persaingan akan terus berlanjut di tahun 2016 dan seterusnya. Lalu ada pertanyaan apakah Usaha Agent Perjalanan akan di tanggani oleh Perusahaan Teknologi di masa mendatang atau Usaha Agent Perjalanan yang menguasai Teknologi, agar usahanya tetap berkelanjutan.

Di sisi tenaga kerja, mengalami kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja baru di Perusahaan Biro Perjalanan, karena terjadi sebuah persepsi di masyarakat pekerjaan ini bukan masa depan ! bukan kah itu juga sudah menciptakan persaingan !

Perusahaan Biro Perjalanan, siap berkemas dan mempersiapkan agar terus dapat berkelanjutan dalam usahanya di masa datang. Berkemas !  dan Mempersiapkan !. Bukan berkemas untuk berberes-beres untuk kabur atau menutup usahanya dan mempersiapkan diri untuk mencari usaha lain, tapi berkemas dan mempersiapkan membuat Peluang Usaha atau istilahnya Business Opportunity. Untuk dapat menciptakan Peluang di butuhkan membuat Perbedaan atau istilahnya Differentiation.

Kunci menjadi sukses adalah Perbedaan, ini yang diucapkan oleh Steve Jobs dari Perusahaan Komputer Apple. Nah sekarang kita akan mengambil sebuah Pernyataanya dan Kenyataannya. (nya adalah Tuan Jobs)

Pernyataannya, “Innovation is the only way to win” Tuan Jobs menciptakan sebuah produk teknologi yang digunakan sehari-hari seperti Komputer, Telephone Genggam yang dikenal dengan Handphone, tapi bukan hanya itu saja yang dia ciptakan banyak……. Apa bedanya dengan perangkat keras lainnya, seperti Komputer, Telephone Genggam dll.

Kenyataannya, kita membeli Komputer Apple yang disebut mac, program sudah ada di dalamnya, beda dengan Komputer lainnnya (yang di jalankan oleh program windows) Perbedaan pertama: Operation System atau perangkat lunaknya beda. Apple mengunakan OS El Capitan dan Komputer lain mengunakan Windows. Perbedaan ini bukan hanya beda, tapi Apple dapat menciptakan Akselerasinya sehingga membuat Performakomputer menjadi hebat. Contoh sederhana: Kalau ada mengunakan Komputer Apple, anda ingin mematikan atau shutdown, tinggal menutup saja layar komputernya, ends…… kalau Windows harus tekan atau klik tombol shutdown. Dan masih banyak perbedaan perbedaan lainnya. Walaupun Apple mengunakan memory yang sama dengan komputer lain, tapi dapat membuat kemasaan yang berbeda dalam menyajikan kepada pengunannya. Hal ini membuat Komputer Apple menawarkan harga yang berbeda (bukan mahal, walaupun secara harga mahal) dan menciptakan User Experience: sikap, tingkah laku dan emosi pengguna saat menggunakan suatu produk, system atau jasa. Lalu Tuan Jobs juga menambahkan design yang menawan dari sebuah Hard Ware perangkat keras. Diberikan sebuah sentuhan seni yang menyentuh hati konsumen untuk memiliki. Jadi ungkapan seni melalui design yang unik dan cantik akan menambahkan nilai suatu barang dan menjadikan perbedaan dalam penglihatan kasat mata, menciptakan sentuhan ke hati.

Pemikiran yang menjadi Ide, dan dapat dijadikan Inovasi dan menciptakan Perbedaan. Hasil dari kegiatan semua menciptakan harga dari suatu penjualan dan keuntungan yang bagus bagi Perusahaan. Intinya menciptakan kekuatan daya saing perusahaan di tengah banyaknya persaingan, dan yang paling indah mendapat sebuah keuntungan yang sempurna.

“We never had an objective to sell a low-cost computer. Our primary objective is to sell a great computer and provide a great experience, and we figured out a way to do it at a lower cost.”

” Kami tidak pernah memiliki tujuan untuk menjual komputer murah. Tujuan utama kami adalah untuk menjual komputer yang besar dan memberikan pengalaman hebat dan kami menemukan cara untuk melakukannya dengan biaya lebih rendah . ”

“Kami tidak pernah memiliki tujuan untuk menjual Produk Perjalanan kami murah. Tujuan utama kami adalah untuk menjual Produk Perjalanan yang bermaanfaat dan memberikan pengalaman hebat dan menemukan cara untuk melakukannya dengan biaya lebih rendah”

Mengambil kata-kata dan meng-ubah sedikit menjadi Produk Perjalanan (ticket, hotel, tour, dokumen dll) itu hanya sebuah tulisan motivasi.

Dengan kata lain, Perusahaan Usaha Perjalanan butuh orang-orang yang memiliki sebuah pemikiran seperti Tuan Jobs, untuk dapat menciptakan Perbedaan di masa sekarang dan seterusnya. Faktor manusia berperan penting karena menciptakan Ide dalam membentuk Inovasi dan menawarkan Perbedaan, memang sulit, tapi perusahaan bertanggung jawab menciptakan alamnya dan mendapatkan sesosok karyawan dalam hal ini, mau tidak mau harus ada.

Perusahaan Usaha Perjalanan adalah produk utama adalah Jasa Pelayanan. Dan sekarang bagaimana menciptakan sebuah Ide di dalam sebuah Pelayanan. Contoh Usaha Perbankan adalah sama halnya dengan Usaha Perjalanan, intinya adalah Sebuah Pelayanan. Intinya Usaha Perbankan adalah taruh uang dan ambil uang atau istilah produknya adalah Nabung uang dan Pinjam Uang, lalu terciptalah sebuah Nama Produk: Tabungan Berjangka, Tabung Tastaka, Deposito… dll masing-masing nama adalah sesuai dengan perusahaan bank masing-masing, begitu pula Pinjaman ada juga Nama Produknya. Lalu masuk ke dalam Teknologi muncullah sebuah Layanan melalui internet, maka ada sebutan Internat Banking, yang dikeluarkan oleh Perusahaan Bank tersebut. (kalau di travel ? internet travel ! oleh siapa ?)

Sebuah ide nama layanan menciptakan inovasi dan membedakan antara Perusahaan Bank yang satu dengan lainnya.

Intinya adalah sebuah Pelayanan. Bagaimana pelayanan dikemas menjadi sebuah fitur perjualan, bukan menawarkan harga murah dan murah. Pengumpulan dan pengambilan Ide dari sebuah layanan yang dilakukan oleh Perusahaan Usaha Perjalanan adalah tanggung jawab seorang Pemimpin Perusahaan dalam mengelolah bahkan menciptakan sebuah ide-ide baru. Ida bisa di hasilkan dari sebuah Masalah dan Kebutuhan, yang diperoleh dari kegiatan sehari-hari dalam sebuah pelayanan ke konsumen – Sekali lagi Perusahan Usaha Perjalanan tidak memiliki pesawat terbang, tapi bisa jual ticket pesawat terbang, tidak memiliki hotel, tapi dapat menjual kamar hotel, lalu tidak memiliki negara, tapi bisa membantu proses pengurusan visa untuk izin masuk ke negara, dan banyak lagi– Pelayanan menjadi unsur utamanya dalam menciptakan sebuah keuntungan.

 

Untuk menciptakan ide dibutuhkan Orang kreatif atau Karyawan yang kreatif atau Pemimpin kreatif dan juga suasana yang kreatif. Lalu jadilah Inovasi yang akan di tawarkan, dan menjadikan Perusahaan yang Berbeda dengan pesaing.

 

Enzo Ferrari, adalah seorang pendiri pabrik mobil terkenal dari Negara Italia, melihat sepak terjang, dari anak kecil yang memiliki sebuah inspirasi, menjadi pembalap dan mendirikan Pabrik Mobil Ferrari, “If you can dream it, you can do it”

Sharing it !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *