日本へようこそ, SELAMAT DATANG DI TOKYO, JEPANG.

Tokyo Wah ! salah satu kota yang terhebat di dunia. Bayangkan dengan luas negara yang lebih kecil dari Indonesia, apalagi Ibukotanya Tokyo dibanding Jakarta, lebih macet orang jalan kaki, daripada macet orang naik mobil. Dibandingkan luas jalan raya saja, Jakarta lebih luas areanya.

 

DSCN1199Nah yang lebih menarik adalah alat transportasi darat yang digunakan di Kota Tokyo, yang bernama JR yang di singkat menjadi Japan Railway biasa di sebut adalah JR Line, Kereta yang menghubungi hampir seluruh Kota Tokyo, di tambah lagi Subway Kereta Bawah Tanah, ada juga Tokyo  Monorail yang menghubungi Haneda International Airport dan Hamamatsu – Cho. Jaringan transportasi ini memberikan kemudahan bagi Warga Tokyo untuk pindah dari kawasan satu ke kawasan lainnya di dalam Kota Tokyo, dengan jaminan ketepatan waktu yang sangat tinggi.   Sehingga tidak ada alasan bagi karyawan untuk membuat alasan telat masuk kantor …….macet Pak !. Sebab itulah masyarakat Kota Tokyo sangat menyukai alat transportasi umum.

 

IMG_20140724_191527Dengan banyaknya jalur kereta, maka dibuatlah stasiun-stasiun disetiap perberhentian secara terpadu dengan bus dan taksi untuk memudahkan arus lalulintas. Stasiun terbesar ini bernama Shinjuku Stastion yang sangat terpadu, sehingga boleh dikatakan stasiun tersebut “Shinjuku Underground City”  di dalam stasiun terhubung oleh gedung-gedung kantor dan juga pusat perbelanjaan yang luasnya diperkiraan dari Bundaran Patung Air Mancur Arjuna di Jalan Merdeka, Jakarta sampai Patung Sudirman, di Jalan Sudirman, Jakarta.  Sekali anda masuk ke dalam tempat ini, kalau tidak sangat paham, anda bisa nyasar muter-muter di dalamnya. Bahkan Orang Jepangpun harus benar-benar mengerti langkah dan arahnya untuk berjalan di sini. Belum lagi untuk memilih kereta apa yang ingin di naiki berada di platform – sepur – nomor berapa ?. Belum lagi ! selama langkah kaki, kita disungguhi banyak sekali toko-toko yang menjual makanan, busana dll. Wuzh bisa nyasar…….

 

Tempat-tempat di Daerah Tokyo, banyak sekali menyajikan sesuatu perbedaan di setiap daerahnya. Sama seperti juga Jakarta. Ada Pasar Baru tempat berbelanja tempo dulu, Ada Kota tempat sejarah Jakarta berada. Di Tokyo ada tempat-tempat yang istimewa juga seperti Shinjuku daerah yang biasa digemari para wisatawan untuk tinggal daerah ini, terutama untuk berbelanja dan ada tempat kehidupan malamnya  bernama Kabukicho, beda dengan keberadaan kehidupan malam di kota-kota dunia lainnya. Perhatian jangan pernah masuk ke dalam, kecuali ditemani oleh warga setempat, just look very nice !  Harajuku tempat busana anak-anak muda Jepang, anda dapat mengunjungi adi busana kreasi-kreasi warga setempat dan juga ada merek-merek ternama dunia, atau bisa mengunjungi Yoyogi Park untuk melihat aktivitas yang unik dan juga bisa mengunjungi Meiji Shrine, Kuil Meiji. Shibuya yang terkenal dengan cerita anjing yang sangat setia dengan HACHIKOmajikannya yang diperankan oleh Richard Gere bintang film Hollywood, bukan jadi Anjingnya ….! melainkan jadi majikannya. Hachiko nama anjingnya, di Stasiun ini terdapat Patung Hachiko, nah asyik untuk photo-photo. Tempat ini juga banyak menyajikan pusat perbelanjaan dan juga bagus untuk Hang Out bagi Warga Tokyo. Akihabara, yang terkenal dengan pusat perbelanjaan elektronik,
namun sekarang telah banyak beruba banyak sekali toko-tokonya menjadi Toko Anime, Toko Kartun Jepang. Ada juga Kafe yang dilayani oleh Wanita-Wanita Jenaka seperti Tokoh Anime, ada juga Toko Resmi AKB48 yang terkenal, Gundam Cafe yang merupakan tokoh anime jepang. Kafe ini menawarkan makanan dan minuman. Ikebukoro yang memiliki maskot Burung Hantu, anda bisa menemukan Patung Burung Hantu di Stasiun IMG_20140724_165524Ikebukoro, yang biasa digunakan untuk tempat bertemu. Tempat ini banyak anak remaja, karena berdekat dengan universitas dan juga memiliki Toko Anime terbesar di Jepang…..Wah ! Memang tempat ini sangat jarang di datangi bila kita mengikuti Tour secara rombongan, karena waktu terbatas untuk masa tinggal. Tempat-tempat ini sangat mudah di kunjungi dengan mengunakan JR Yamanote Line, kereta bernama Yamanote.

 

 

IMG_20140724_173902Perjalanan dengan alat transpotasi umum, dibutuhkan kekuatan kaki, dan juga kecepatan jalan. Di karenakan Orang-Orang Jepang jalan kaki lebih cepat, hampir mirip dengan lari…hahaha ! jalan kaki di sini pun memiliki arus jalan kaki, dengan kata lain Jalan Kaki di Jepang ada peraturannya, mulai dari naik tangga jalan, sampai berdiri untuk masuk kereta, dengan kata lain….antri dong !  Bagi yang tidak terbiasa jalan kaki, di sarakan mengikuti Tour secara rombongan, atau tidak usah mengikutinya hehhehehhe !

Sharing it !

Leave a Reply

Your email address will not be published.